Langkah membuat taman pribadi – Memiliki taman pribadi memang sangat menyenangkan, kita bisa mengunjunginya kapan saja yang kita mau. Taman yang elok dan indah tentu akan membuat kita merasa nyaman dan ingin berlama-lama di dalamnya.  Tantangan membuat lanskap taman sendiri memang mungkin akan terasa berat, namun jika kamu tahu cara membuat taman sendiri bukan tidak mungkin hasil taman buatanmu akan tampil layaknya karya tangan para profesional. Ada kepuasan tertentu yang tidak bisa dibandingkan jika kamu mampu menguasai cara membuat taman sendiri dengan baik.

Langkah Membuat Taman Pribadi

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa kita lakukan dalam pembuatan taman. Namun akan lebih baik jika kita kerjakan dengan langkah-langkah yang teratur agar terciptanya taman yang bagus. Cara tersebut bisa kita ciptakan sendiri menurut ide kita dan tentu hasilnya pun akan memberikan kepuasan tersendiri. Bagi kamu yang masih bingung dalam penataan taman, di bawah ini adalah beberapa langkah membuat taman pribadi yang bisa kita lakukan :

  1. Tentukan lokasi yang pas

Ini merupakan bagian yang terpenting, kamu jangan sampai salah dalam memilih lokasi yang digunakan untuk menanam tanamanmu nanti. Pilihlah lokasi yang tidak terlalu jauh dari rumahmu, kamu bisa gunakan halaman rumah sebagai lokasi pembuatan taman. Dengan begitu kamu akan dengan mudah dalam merawatnya nanti. Yang terpenting adalah ruang terbuka dengan pancaran sinar matahari langsung karena tanaman sangat membutuhkan sinar matahari langsung.

  1. Bersihkan lahan

Jika kita telah menentukan lokasi yang pas, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan lahan. Bersihkan lahan tersebut dari sampah dan tumbuhan ilalang jika ada. Setelah itu, lembutkan dengan tangan/sekop kecil atau lapisi koran bekas dengan tumpukan pupuk kompos di atasnya. Gunakan sekitar 5 lembar koran bekas dan 10 cm pupuk, yang mana seluruhnya akan terdekomposisi dengan baik dalam kurun waktu 3-4 bulan, sekaligus menutupi lahan yang sudah bersih dalam cara membuat taman sendiri ini.

  1. Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah bisa dilakukan dengan mencangkul lahan tersebut secara menyeluruh. Pengolahan tanah bertujuan untuk memperbaiki kondisi tanah menjadi gembur sehingga pertumbuhan akar tanaman maksimal, juga dapat memperbaiki tekstur tanah, sirkulasi udara dalam tanah sehingga unsur hara dapat diambil oleh akar.

  1. Pilih jenis tanaman

Setelah lahan siap ditanami tumbuh-tumbuhan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan jenis tanaman atau tumbuhan yang cocok. Kamu bisa memilih tanaman yang cocok dengan kondisi lingkungan baik iklim maupun cuaca daerah tersebut. Jika kamu ingin menanam bunga, pilihlah bunga yang tidak merepotkan dalam merawat. Kita juga bisa tambahkan sayur-sayuran dan pepohonan kecil.

  1. Mulailah untuk menanam

Bagian ini adalah tahap yang paling mengasyikkan dalam cara membuat taman sendiri, yaitu mulai meletakkan bibit tanaman ke dalam tanah yang sudah siap untuk ditanami. Beberapa benih tanaman bisa diletakkan langsung dalam cara membuat taman sendiri, tetapi ada pulak benih yang harus ditumbuhkan sendiri secara terpisah di bibitan kecil, baik di kotak kecil ataupun pot-pot individu.

  1. Perawatan tanaman

Lakukan perawatan secara rutin agar tanaman kamu tumbuh dengan cepat. Kamu bisa menyiram tanaman kamu 2 kali dalam sehari. Kita bisa berikan pupuk karena tanaman membutuhkan asupan organik seperti pupuk kandang dan pupuk kompos. Lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore hari, jangan menyiram tanaman disiang hari karena tanaman akan layu.

  1. Pemasangan lampu taman

Pemasangan lampu taman adalah hal sangat dianjurkan. Selain untuk penerangan, lampu taman bisa membuat taman anda lebih indah dan berkesan. Kita bisa mengunjungi taman kita dimalam hari bersama keluarga atau teman kita. Pemasangan lampu di taman sangat banyak sekali manfaatnya selain untuk penerangan. Maka dari itu pilihlah lampu taman yang sesuai dan cocok anda pasang di taman yang telah anda buat.

WhatsApp chat