Manfaat Tiang Lampu Jalan – Bukan hanya di pinggir-pinggir jalan raya kawasan perkotaan, bahkan saat ini keberadaan tiang lampu jalan juga sangat penting. Semua tak lepas dari gaya hidup masyarakat modern yang juga melakukan aktivitas di malam hari. Jika dulu mungkin selepas petang semua orang sudah di rumah, saat ini hingga pukul dua dini hari masih saja yang pulang dari pekerjaannya.

Manfaat Tiang Lampu Jalan

 

Demi menciptakan keamanan itulah, dibutuhkan yang namanya tiang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Manfaat tiang lampu jalan sangat banyak, sehingga masyarakat sangat terbantu dengan benda yang satu ini. Karena angka kebutuhan tiang lampu yang sangat banyak dan semakin bertambah, jumlah produsennya pun meningkat. Bahkan saat ini, Anda bisa memilih tipe tiang lampu sesuai dengan kebutuhan, tanpa melupakan fungsinya sebagai penerang sebuah area.

Dari banyak pihak yang jual tiang lampu jalan di Indonesia, setidaknya ada empat jenis tiang yang bisa dipilih. Keempat jenis tiang ini dibedakan dari bentuknya yaitu tiang PJU hexagonal, octagonal, dekoratif dan konvensional. Untuk hexagonal, tiang PJU ini berbentuk plat besi roll enam sisi. Sementara tiang PJU octagonal, merupakan plat besi roll berbentuk delapan sisi.

Bentuk konvensional adalah tiang lampu jalan yang paling lazim dan pertama kali digunakan karena plat besi roll hanya dibuat membulat. Sementara untuk jenis dekoratif, dikenal juga sebagai tiang lampu jalan unik. Karena gaya hidup masyarakat yang makin modern, tiang PJU dekoratif saat ini justru paling banyak dipilih. Selain mampu memberikan penerangan di malam hari, fungsi tiang PJU dekoratif pun sangat banyak.

Manfaat Memakai Tiang Lampu Jalan

Dibandingkan jenis tiang PJU lainnya, tiang lampu jalan unik rupanya memiliki keunggulan tersendiri. Berikut ini ulasannya sebagai pertimbangan jika Anda ingin menggunakannya:

  1. Mempercantik Lingkungan

Jika menggunakan tiang lampu jalan dekoratif, keuntungannya adalah tidak cuma menjadi sarana penerangan saja. Karena saat ini, tiang lampu dekoratif rupanya juga indah dipandang. Bentuk dekoratif biasanya dibuat secara unik sesuai dengan kebutuhan konsumen. Tidak melulu mengenai bentuk hexagonal, octagonal atau konvensional, konsumen bebas meminta sesuai keinginan.

Bahkan Anda pun bisa bebas memilih tipe lampunya entah single atau double angel atau single atau double parabola hingga yang unik seperti tiang lampu solar cell. Seperti yang diketahui, tiang lampu bertenaga matahari akan memiliki sensor penampang yang mampu menyerap energi matahari dan mengubahnya jadi sumber energi lampu.

  1. Semarak di Malam Hari

Karena indah dipandang saat siang hari, keberadaan tiang lampu jalan dekoratif ini jelas sangat cantik ketika malam. Bentuknya yang unik biasanya diberi hiasan dari material tambahan yang membuat nuansa malam makin menarik. Beberapa kota besar di Indonesia bahkan mulai menerapkan tiang PJU unik ini di destinasi wisata malam.

  1. Mengurangi Angka Kriminalitas

Sudah pasti dengan tiang lampu jalan yang unik, angka kriminalitas bisa berkurang. Karena lampu PJU jelas membuat area lebih jelas di malam hari. Warga yang melintas pun merasa aman dan nyaman karena pelaku kriminal tidak bisa bebas melancarkan aksinya karena area cukup terang dan semarak.

  1. Efisiensi Kabel

Jika melihat tiang lampu jalan kampung, biasanya tampak kurang sedap dipandang karena aliran kabel yang menganggu pemandangan. Namun dengan tiang lampu dekoratif, hal ini bisa diatasi lantaran pemasangan kabel bisa diminalisir sesuai dengan kebutuhan dekoratif mempercantik lingkungan.

Call
WhatsApp chat