Perkembangan lampu yang Mendunia – Lampu merupakan penerangan yang biasa dugunakan orang untuk menyinari bagian gelap pada sebuah jalan ataupun rumah. Kita biasa menggunakan lampu, dan mungkin kita sudah tahu jenis – jenis lampu yang ada, akan tetapi apakah anda semua mengetahui sejarah dari lampu itu sendiri. Jika anda belum mengetahui sejarah lampu, mari kita tambah wawasan anda lagi mengenai lampu yang biasa anda gunakan.

Perkembangan lampu yang Mendunia

Sejarah perkembangan lampu bermula pada puluhan abad yang lalu dari suatu penemuan manusia yang membutuhkan penerangan (cahaya buatan) untuk malam hari dengan cara menggosok – gosokan batu hingga keluar api. Kemudian dari api dikembangkan lagi dengan membakar benda – benda yang mudah menyala hingga membentuk sekumpulan cahaya.

Lampu pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuan pintar yang bernama Thomas Alpha Edison pada tanggal 21 Oktober 1879. Sekian lama Thomas mencobanya pada lab yang berlokasi di Edision – Menlo, Amerika dan akhirnya ia berhasil membuat lampu untuk pertama kalinya dan mendunia.

Prinsip kerja dari lampu listrik adalah dengan cara menggabungkan beberapa aliran listrik pada filamen karbon sehingga yang dimana terjadi arus hubungan singkat yang dapat mengakibatkan timbulnya panas. Panas tersebut kemudian dibuat hingga suhu tertentu hingga dapat menghasilkan cahaya. Cahaya yang di dapat pada waktu itu hanya mencapai 3 Watt  saja.

Penemu lampu selain Thomas Edison adalah Joseph Swan. Joseph Swan memiliki prinsip kerja dengan menggunakan filamen karbon yang berpijar jika dilalui listrik. Thomas Alpha Edison memperkenalkan bola lampu pertama kali di dunia pada 31 Desember 1879. Penemuan Thomas Alpha Edison menjadi kontribusi besar untuk dunia industri modern hingga saat ini.

Baca juga :

Lampu pijar telah diproduksi lebih dari 40 tahun. Bola lampu pertama yang diperkenalkan Thomas Edison dihasilkan oleh penyaluran arus listrik. Hal itu didapatkan melalui filamen yang kemudian memanas dan menghasilkan foton. Bola lampu memiliki kelebihan dapat menghasilkan berbagai ukuran voltase, mulai dari nol hingga ratusan. Apabila menginginkan cahaya terang harus menggunakan bola lampu dengan jumlah listrik yang lebih besar.

Thomas Alpha Edison melakukan banyak pengujian untuk mengembangkan bola lampu yang dialirkan listrik. Satu di antaranya dengan menggunakan resistensi tinggi filamen yang dibakar berjam – jam dan dari generator listrik untuk sistem pencahayaan besar. Dengan perkembangan jaman, saat ini bola lampu mulai digantikan dengan neon, LED dan lain sebagainya.

Berikut merupakan sejarah lampu yang sangat mendunia. Semoga artikel yang saya berikan ini dapat menambah wawasan anda lagi mengenai sejarah – sejarah penemuan yang ada. Jika halnya anda berminat untuk membeli tiang lampu jalan, anda dapat menghubungi kammi via kontak yang tersedia pada halaman website kami, terimakasih.

Sumber : https://www.tribunnewswiki.com/

Call
Whatsapp
WhatsApp chat