Tiang Lampu Jalan Minimalis  – Tiang lampu ini merupakan jenis dari tiang lampu PJU yang ada di sekitar kita. Dibandingkan dengan tiang lampu jalan biasa, tiang lampu jalan minimalis memiliki ukuran lebih kecil dan terlihat ramping. Selain itu juga, pembuatan tiang lampu yang satu ini di berikan aksen dekoratif atau hiasan. Dengan begitu tiang lampu ini tidak hanya sebagai penerangan tetapi juga sebagai penghias jalan.

Tiang Lampu Jalan Minimalis

 

Tiang lampu jenis ini juga sering disebut dengan tiang lampu jalan klasik. Terlihat dari bentunya yang dekoratif membuat tiang lampu ini digemari oleh masyarakat. Perbedaan yang lain adalah jika tiang lampu jalan biasanya diletakkan di sisi jalan perkotaan, namun tiang lampu yang satu ini justru di letakkan di perkampungan, seperti halama depan rumah, penerangan jalan atau gang, lapangan, pos ronda, dan lain sebagainya.

Karena begitu banyak manfaat tiang lampu jalan minimalis ini, maka pengadaan lampu diharuskan untuk terealisasi dengan sempurna. Pemasangan tiang lampu ini cukup rumit dan hanya bisa dilakukan oleh ahlinya. Sebagai pengetahuan, kami berikan informasi menganai seputar proses pemasangan tiang lampu jalan yang biasanya dilakukan oleh ahlinya. Berikut adalah proses pemasangan tiang lampu jalan umum:

  1. Mensurvey Pemasangan Tiang Lampu

Survei ini dilakukan untuk mengetahui tata letak tiang lampu sebelum dilakukan pemasangan. Disamping untuk memeriksa perangkat atau material apa saja yang harus dipasang di lokasi tersebut, situasi sekitar lokasi juga perlu diperhatikan. Pengamatan situasi bertujuan untuk antisipasi kebutuhan peralatan kerja pada saat proses pemasangan tiang lampu PJU.

Pendataan letak lokasi ini dilakukan karena terkait dengan perijinan ke PLN. Selain itu, survei dilakukan untuk pemasangan box panel distribusi dan nomor identitas.

  1. Menentukan Lokasi Titik Lampu

Setelah melakukan survey peletakkan tiang listrik, langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi titik lampu. Penentuan ini bertujuan agar penerangan lampu PJU optimal. Dengan kata lain, tiang lampu membantu lampu untuk memberikan penerangan yang maksimal dan menyeluruh.

  1. Membuat Alur Instalasi Kabel Listrik

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam proses pemasangan tiang lampu ini yaitu alur instalasi kabel listrik. Kesalahan alur dapat menyebabkan lampu tidak menyala. Selain itu, alur ini dibuat agar tidak mengurangi keindahan dari tiang lampu itu sendiri. Alur instalasi kabel listrik yang benar dapat menciptakan kesan pemasangan yang rapi.

Usahakan untuk membuat alur instalasi kabel listrik dari stopkontak terdekat ke lokasi titik-titik lampu. Ada baiknya jika alur instalasi kabel merapat ke tembok sehingga kecil kemungkinan kabel akan terkena benda tajam atau benda lain yang dapat merusak kabel.

  1. Menggali Tanah

Penggalian tanah ini dimaksudkan untuk menciptakan pondasi tiang lampu jalan. Gunakan perkiraan pasti mengenai ukuran kedalaman tanah. Secara umum kedalaman galian adalah 20 cm. Penggalian tanah untuk membuat pondasi tiang lampu ini merupakan salah satu proses pemasangan tiang lampu pju yang perlu sangat diperhatikan.

Proses penggalian yang menghasilkan ukuran kedalaman tanah yang tidak sesuai dengan tinggi lampu dapat mengakibatkan tiang mudah roboh. Pondasi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena menyangkut keberlangsungan berdiri kokohnya tiang lampu tersebut.

  1. Memasang Tiang Lampu PJU

Pasangkanlah tiang lampu jalan PJU di tempat yang sudah disediakan. Kemudian pasang beberapa instalasi lampu di tiang lampu PJU. Selalu perhatikan jaringan PJU seperti pemasangan wedge tipe klem yang digunakan sebagai pengait. Kemudian tarik jaringan kabel dari satu tiang ke tiang yang lain. Setelah penarikan kabel udara, maka lakukanlah pengikatan kabel.

Penarikan tersebut hanya dapat dilakukan setelah galian kabel selesai dan telah terpasang beberapa tiang lampu jalan di sekitar jalan umum. Stang lampu dengan diameter 2 inchi dipasang pada  bagian atas tiang menggunakan pengikat 2 unit begel klem. Besarnya begel klem ke tiang lampu berdasarkan pada diameter tiang.

Penyambungan kabel atau penghantar PJU dapat dengan menggunakan sistem under ground. Sistem ini dapat dilakukan dengan cara disolder, di terminal, dipres atau lainnya. Kemudian masukkanlah ke dalam kotak sambut mof. Dua penghantar logam yang tidak sejenis tidak boleh disatukan dalam terminal kecuali jika alat penyambung cocok untuk maksud keadaan penggunaannya.

Demikian ulasan mengenai proses pemasangan tiang lampu jalan PJU. Proses yang nampak mudah ternyata tidak. Pemasangan tiang lampu PJU tidaknya sama dengan pemasangan tiang lampu pada umumnya. Hal ini karena adanya perlakuan-perlakuan khusus untuk tiang lampu.  Oleh karena itu, cara tersebut di atas perlu untuk diperhatikan pada saat pemasangan tiang lampu.

Call
WhatsApp chat