Tiang  Lampu Solar Cell – Kadang-kadang kita tenggelam dalam kesibukan sehari-hari, sehingga kita lupa untuk kembali menyebutkan dari mana sebuah teknologi berasal. Alam memberikan segalanya untuk kita agar dapat terus mengembangkan tekologi yang telah ada, salah satunya adalah tiang lampu solar cell. Solar cell atau sel surya merupakan sebuah inovasi teknologi dalam pemanfaatan tenaga matahari dalam menciptakan cahaya. Dengan memanfaatkan cahaya matahari sebagai tenaga penerangan tentu akan memudahkan kita dalam hal penerangan di berbagai tempat.

Tiang  Lampu Solar Cell

Dalam pengertian sederhana, pencahayaan matahari dapat dianggap sebagai solar  yang berarti tenaga surya dan pencahayaan – artinya memberikan cahaya. Tiang lampu solar cell sebagai sistem tenaga surya akan lebih efisien dan lebih terjangkau dalam mengambil keuntungan dari manfaat ekonomi dan lingkungan. Jadi sekarang mari kita bahas berbagai teknologi yang semuanya disebut sebagai solar cell,  namun ada beberapa jenis perbedaan dari lampu solar cell.

  1. Lampu Langit Surya (Solar Sky Lights )

Lampu Solar Sky Lights yang berkolaburasi dengan matahari dan awan untuk memadamkan dan mencerahkan pencahayaan dalam ruangan. Hal ini untuk menghemat energi dan kontrol pencahayaan interior gedung dan benar-benar terasa ketika matahari muncul dan ketika itu tidak tersedia atau tutupan awan telah meredupkan cahaya siang hari. Panel surya jauh lebih kecil dan dipasang di atap dan mendeteksi ketika matahari hilang oleh penurunan tegangan pada energi dalam modul surya. Tingkat pencahayaan perlahan berfluktuasi tergantung pada sinar matahari alami yang tersedia yang tersedia.

  1. Lampu Fotovoltaik (Photovoltaic Lights )

Langkah kedua dan paling umum adalah “SEPCO” adalah merujuk pada pencahayaan matahari modul photovoltaic (PV) yang mengumpulkan energi dari matahari dan menyimpannya dalam baterai untuk mengoperasikan watt cahaya yang diperlukan di malam hari. Ini umumnya digunakan dalam penghematan energi dan daya , penghematan biaya, dan promblematika lingkungan. Sistem ini disebut grid free atau stand-alone artinya mereka menghasilkan listrik sendiri di lokasi tertentu. Ini mengurangi biaya dalam pemasangan konstruksi kabel bawah tanah. Ini juga umum terdapat dalam berbagai negara, termasuk indoneisa di mana grid tidak tersedia atau tidak dapat diandalkan.

  1. Lampu Surya Hibrida (Hybrid Solar Lights )

Teknologi ketiga yang mendapatkan daya atau energi dalam pencahayaan matahari adalah sistem pencahayaan matahari interaktif grid atau kadang-kadang disebut sebagai sistem hybrid. Sistem ini sebenarnya memiliki tiga pengertian. Salah satu jenis sistem hybrid adalah sistem yang umumnya hanya memiliki modul surya dan tanpa baterai. Sistem ini biasanya memiliki meter dan apa yang dihasilkan saat matahari keluar masuk langsung ke grid. Ini adalah hal yang umum di antara daerah-daerah dimana utilitas memberikan insentif untuk pembangkit listrik. Ini biasanya pada tiang lampu tetapi sebenarnya tidak menyediakan daya untuk mengoperasikan lampu. Sistem ini kadang-kadang juga disebut sebagai unit reduksi puncak.

Itulah pengenalan singkat dari tiang lampu solar cell yang sangat berkembang di negara indonesia. Lampu ini bukan hanya ada di indonesia tetapi juga berada pada negara dengan iklim tropis atau pencahayaan matahari yang cukup. Indonesia sangat berpotensial dalam mengembangkan lampu ini. Terletak tepat di garis klatulistiwa, tentu negara kita akan menghasilkan lebih banyak cahaya matahari dibandingkan negara-lain. itulah mengapa lampu solar cell sangat banyak kita temukan dalam penerangan. Lampu ini sangat cocok untuk penerangan pada jalan di perkotaan, dengan  sistemnya yang manual tentu akan mengefesien semua keadaan.

Lampu ini akan padam dengan sendirinya ketika waktu pagi telah tiba. Disaat itulah lampu solar cell mengisi daya dan energi dengan menyerap cahaya matahari yang menyinarinya. Dari hasil penyimpanan energi di siang hari, kemudian dikeluarkan kembali saat malam tiba dengan cahaya yang cukup terang. Lampu ini sangat memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyrakat, selain lebih irit lampu ini juga sangat mudah digunakan dan diaplikasikan kedalam berbagai lokasi.

WhatsApp chat